Kemendikbud Gandeng Netflix Dukung Perfilman Indonesia

Kemendikbud Gandeng Netflix Dukung Perfilman Indonesia

Kemendikbud Gandeng Netflix Dukung Perfilman Indonesia – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) menjalin kemitraan dengan Netflix guna mendukung pertumbuhan perfilman Indonesia agar mampu unjuk gigi di tingkat global. Kemitraan ini berfokus pada pengembangan kemampuan kreatif insan perfilman Indonesia khususnya menyangkut bidang penulisan kreatif, pelatihan pascaproduksi.

Selain itu nantinya juga akan ada pelatihan bidang keamanan online dan juga tata kelola menghadapi pertumbuhan industri kreatif yang dinamis. “Peningkatan kapasitas talenta-talenta kita itu yang terpenting. Makanya (kerja sama) itu meng-unlock potensi industri pefilman Indonesia untuk kita memamerkan budaya kita. Budaya modern dan budaya tradisi kita,” ujar Mendikbud Nadiem Makarim.

Kemendikbud Gandeng Netflix Dukung Perfilman Indonesia, Dengan Penguatan SDM Bidang Kreatif

Nadiem menyampaikan cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menciptakan ribuan, bahkan puluhan ribu ‘story telling’ tentang Indonesia lewat film. “Itu kenapa pentingnya Netflix. Netflix itu skala distribusinya global sehingga apa lagi cara untuk menunjukan talenta-talenta perfilman Indonesia kalau tidak melalui Netflix,” ujar Nadiem.

Netflix berkomitmen berinvestasi sebesar USD 1 juta atau sekitar Rp 14 miliar dengan mengirimkan penulis naskah film ke Hollywood Amerika Serikat yang rencananya akan dilaksanakan bulan Maret 2020.

Selanjutnya dari situ akan dilakukan juga workshop untuk penulisan skenario sekaligus pelatihan pascaproduksi di Jakarta. “Di luar itu pun akan ada kompetisi film pendek yang akan dilaksanakan oleh Netflix yang temanya adalah ‘ Pancasila’, ini yang saya tunggu-tunggu juga seperti apa film-film pendek ini,” lanjut Nadiem.

Nadiem juga mengharap Indonesia nantinya dapat menjadi lokasi shooting film dari banyak film maker berbagai dunia. Tema unik Indonesia di pasar film dunia “Karena dari pergaulan (film maker dunia) itulah tim-tim lokal dan kreator-kreator lokal kita, di situlah terciptanya ‘magic up-scaling’.

Kita hanya bisa meningkatkan capability kita dengan bekerja dengan orang-orang terbaik di dunia,” ujarnya. Managing Director Netflix Asia Pasific, Kuek Yu Chuang menyampaikan, “Saat ini menjadi era keemasan bagi Indonesia di bawah kepemimpinan yang baru berakar pada kewirausahaan untuk menuai hasil dari ekonomi digital yang berkembang pesat.”

Kuek menjelaskan pihaknya mendukung upaya pengembangan potensi besar Indonesia di bidang perfilman. “Kami percaya akan ada banyak cerita hebat Indonesia yang akan dihasilkan dari Indonesia. Melalui kerja sama ini kami ingin bisa berkontribusi dalam pertumbuhan komunitas kreatif di Indonesia,” ujar Kuek. Kuek juga berharap pihaknya dapat membawa tema-tema unik mengenai Indonesia untuk dinikmati masyarakat dunia nantinya.

Vancouver Film School bersama Yes Study Indonesia,konsultan pendidikan luar negeri mengadakan Canada Creative Camp. Summer Camp ini memiliki dua program yaitu, 3D animation & Visual Effect dan Digital Design. Canada Creative Camp di selenggarakan pada tanggal 20 Juni – 2 Juli 2020.

 

Rujukan : www.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *